Shri Mataji Nirmala Devi (1923-2011)

Ibu Shri Mataji Nirmala Devi adalah pelopor gerakan spiritual Sahaja Yoga. Dimulai dari tahun 1970, tanpa kenal lelah, Beliau mengelilingi berbagai negara selama hampir 40 tahun untuk menyebarkan pengetahuan mengenai Sahaja Yoga.

Salah satu ciri khas dari Ibu Shri Mataji Nirmala Devi adalah di setiap seminar atau programnya, Beliau tidak pernah menarik biaya. Alasan utama Beliau adalah bahwa adalah hak bagi setiap orang untuk mendapatkan “pencerahan-diri” melalui Sahaja Yoga.  Pada intinya, Sahaja Yoga adalah pengetahuan spiritual yang sudah ditanamkan oleh Yang Maha Esa di dalam diri kita semua sejak lahir dan kita tidaklah mungkin bisa membayar apapun kepadaNya.

Dalam kehidupan keluarganya, Ibu Shri Mataji Nirmala Devi adalah istri dari seorang diplomat,  ibu dari dua anak, dan nenek dari beberapa cucu. Di tengah-tengah kegiatannya menyebarkan Sahaja Yoga, Ibu Shri Mataji dengan setia mendampingi dan menyangga suaminya dan juga mengasuh kedua anaknya. Di masa mudanya, Ibu Shri Mataji juga turut berjuang bersama pemuda-pemudi India untuk meraih kemerdekaan India di bawah bimbingan Mahatma Gandhi.

Di setiap langkah kehidupannya, Ibu Shri Mataji Nirmala Devi mencerminkan bagaimana sesungguhnya seorang manusia yang matang secara spiritual.   

Lahirnya Gerakan Sahaja Yoga

Shri Mataji terlahir dengan anugrah kesadaran spiritual yang memungkinkanNya mengerti dan menyadari sepenuhnya tentang “kebenaran sejati” , namun, Shri Mataji belum mengetahui pada awalnya bagaimana cara mengutarakan “kebenaran sejati” ini kepada manusia di jaman moderen.

Selama bertahun-tahun Beliau mengkontemplasi dan bereksperimen dengan seluruh kombinasi dan permutasi seluruh masalah yang dihadapi umat manusia. Shri Mataji mendapatkan kesimpulan bahwa masalah utama manusia disebabkan oleh ketidaksadaran manusia akan “diri sejati” mereka.

Ketidak sadaran ini disebabkan karena manusia pada dasarnya belum menyadari keadaan pusat-pusat energi dalam diri mereka, yang merupakan manifestasi dari seluruh aspek kehidupan, baik fisik, mental, maupun spiritual.

Pada tanggal 5 Mei 1970, di pantai Nargol (150km dari Mumbai), Shri Mataji mendapatkan “Pencerahan Illahi” dengan membuka sentral energi universal ketujuh, yaitu Sahasrara Cakra universal.

Melalui Pencerahan ini, Shri Mataji berhasil mendapatkan cara untuk membuka jalan bagi umat manusia untuk sadar akan “diri sejati” mereka, yaitu dimulai dengan cara untuk membuat manusia sadar akan pusat-pusat energi mereka melalui pembangkitan energi “kundalini” secara alamiah (spontan).

Pembangkitan kundalini ini juga dikenal dengan nama “pencerahan-diri spontan” atau “self-realization”.

Kundalini sebenarnya telah dikenal luas di pelbagai agama dengan pelbagai sebutan, seperti “ruh” dalam Islam, “ruach” dalam Yahudi, “roh kudus” dalam Kristiani, “Tao” dalam Tao, dll.

Seiring dengan pembangkitan kundalini, seseorang akan menyadari keadaan pusat-pusat energi mereka, sehingga bisa menyadari apa masalah mereka dan mengenal cara-cara untuk memperbaikinya. Kemudian, seluruh potensi spiritualitas yang selama ini terpendam akan bangkit untuk mengantarkannya ke kesadaran “diri sejati” dan menghubungkannya dengan Yang Maha Kuasa dalam arti yang sesungguhnya.

Dengan demikian, lahirlah gerakan Sahaja Yoga.

Shri Mataji mulai mencoba pada orang-orang sekitar, dan mendapatkan bahwa setelah kundalini bangkit, mereka mengalami peningkatan secara dramatik baik dalam segi fisik, mental maupun spiritual.

Teknik pembangkitan kundalini oleh Shri Mataji dapat membangkitkan kundalini banyak orang sekaligus secara spontan.

Tanpa mengenal lelah, tanpa memungut biaya sepeser pun, Shri Mataji melanglang buana menapakkan kaki di lima benua untuk menyebarkan Sahaja Yoga dan memberi “self-realization” ke beribu-ribu orang. Kini Sahaja Yoga telah tersebar lebih dari 90 negara di seluruh dunia dan beribu-ribu orang, tidak terbatas oleh agama, umur, ras, status sosial, telah mempraktekkan Sahaja Yoga dalam kehidupan mereka sehari-hari.

Riwayat dari Ibu Shri Mataji Nirmala Devi selengkapnya dapat dilihat di situs berikut (dalam bahasa Inggris).

http://shrimataji.org

Penghargaan dan Pengakuan Internasional kepada Shri Mataji Nirmala Devi

Dedikasi Shri Mataji Nirmala Devi kepada umat manusia telah dikenal luas di pelbagai negara. Beberapa contoh adalah sebagai berikut.

  • 1986: Shri mataji dinobatkan sebagai “Personality of The Year” oleh pemerintah Italia.
  • 1989-1994: Shri Mataji diundang oleh PBB secara resmi untuk berbicara mengenai perdamaian dunia.
  • 1994: Shri Mataji disambut secara resmi oleh Kepala Kota Brazilia di Brazil dan seluruh program Sahaja Yoga disponsori secara resmi oleh Kota Brazilia.
  • 1992: Tanggal 10 September dinobatkan sebagai “Shri Mataji Nirmala Devi Day” di kota Cincinnati, Rusia.
  • 1993: Shri Mataji dinobatkan sebagai anggota kehormatan dari “Presidium Petrovskaya Academy of Art and Science”. Dalam sejarah, hanya 12 orang yang mendapatkan kehormatan ini. Salah satunya adalah Albert Einstein.
  • 1995: Shri Mataji mendapatkan gelar Doktor Kehormatan di bidang “Cognitive Science” dari Rumanian Ecological University.
  • 1995: Shri Mataji diundang secara resmi oleh pemerintah Republik Rakyat Cina (R.R.C) untuk berbicara dalam Konferensi Perempuan Internasional (International Women’s Conference) yang disponsori oleh PBB di Beijing, dll